Hubungi kami di

+62 857-1768-2535

Lokasi

Ruko Barcelona - BSD

Blog - Dunia Atap

Apa itu TKDN ?

TKDN merupakan singkatan dari “Tingkat Kandungan Dalam Negeri”. Ini adalah sebuah konsep yang digunakan dalam kebijakan industri dan perdagangan suatu negara untuk mengukur seberapa besar komponen dalam sebuah produk berasal dari dalam negeri. 
TKDN mengukur persentase nilai tambah yang disumbangkan oleh komponen lokal dalam suatu produk, biasanya dalam bentuk persentase. Semakin tinggi nilai TKDN, semakin banyak komponen produk yang diproduksi atau berasal dari dalam negeri, yang berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi ketergantungan pada impor.
TKDN sering kali menjadi bagian penting dalam kebijakan pemerintah untuk mendorong pembangunan industri dalam negeri, meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global, dan mengurangi defisit perdagangan. Beberapa negara menerapkan regulasi atau insentif untuk mendorong produsen untuk meningkatkan TKDN dalam produk mereka, seperti melalui pembebasan pajak atau preferensi dalam tender pemerintah.
Penilaian TKDN dapat melibatkan berbagai aspek, seperti perbandingan harga, teknologi, tenaga kerja, dan material dalam negeri dan impor yang digunakan dalam produksi suatu produk. Dalam banyak kasus, standar TKDN ditetapkan oleh pemerintah atau otoritas terkait untuk berbagai industri atau sektor tertentu.

Tujuan & Manfaat Produk TKDN

Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal

Dengan mendorong penggunaan komponen dalam negeri, TKDN dapat membantu produk lokal bersaing dengan produk impor, karena dapat memberikan keunggulan biaya atau kualitas tertentu.

Memperkuat Ekosistem Industri dalam Negeri

TKDN membantu memperkuat industri dalam negeri dengan mendorong penggunaan komponen lokal, yang pada gilirannya memperkuat ekosistem industri, meningkatkan kapasitas, dan memperluas jangkauan industri.

Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal

Dengan membangun industri dalam negeri dan menciptakan lapangan kerja baru, TKDN berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal dan pembangunan masyarakat.

Mengurangi Ketergantungan pada Impor

Dengan meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri, TKDN membantu mengurangi ketergantungan pada impor, sehingga negara lebih mandiri secara ekonomi dan lebih tahan terhadap fluktuasi pasar global.

Membangun Kapasitas Teknologi dan Inovasi

Dengan mendorong produksi dan penggunaan komponen lokal, TKDN mendorong pengembangan teknologi dalam negeri dan merangsang inovasi di tingkat lokal.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

TKDN dapat memberikan sinyal positif kepada konsumen bahwa produk tersebut mendukung industri lokal, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan preferensi konsumen terhadap produk-produk lokal.

Meningkatkan Kerjasama Rantai Pasok Lokal

Dengan memperkuat penggunaan komponen lokal, TKDN membantu meningkatkan kerjasama dalam rantai pasok lokal, yang pada gilirannya meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas operasional.

Mendukung Kebijakan Pemerintah

TKDN dapat membantu pemerintah dalam menerapkan kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk memperkuat industri dalam negeri dan meningkatkan kemandirian ekonomi.

Produk ATAP Genteng & Spandek berinsulasi yang sudah TKDN

Spandeck Atap Ferdam Mampu Meredam Panas Matahari hingga 53% dan Kebisingan Suara Air Hujan hingga 8 db

Hubungi tim sales kami untuk mendapatkan informasi produk ATAP FERDAM

Spandeck Atap Ferdam Mampu Meredam Panas Matahari hingga 53% dan Kebisingan Suara Air Hujan hingga 8 db

Hubungi tim sales kami untuk mendapatkan informasi produk ATAP FERDAM

Artikel terkait >

3 material peredam Panas atap

Keunggulan Spandek berbahan Galvalume

Produk Atap TKDN

Apa Saja Konstruksi Atap ?

Inovasi genteng dan spandek berlapis insulasi bubble foil. 

lebih hemat lebih sejuk

Other Pages

Home

Quick Links

Penawaran

FAQ

Work Hours

© 2024 Atapferdam.co.id